Jumat, 14 Februari 2014

Lima penyakit akibat mulut tak sehat

Ini ada 5 Penyakit Yang Timbul Akibat Masalah Kesehatan Mulut,,,
Yuk kita simak...

Menjaga kesehatan mulut sangat penting sebab jika sampai kesehatan mulut kita tidak terjaga dengan baik maka bukan cuman gigi kita saja yang mengalami kerusakan melainkan bisa menimbulkan beberapa penyakit yang berbahaya dan jika dibiarkan beresiko kematian. Nah kamu mau tahu penyakit apa aja yang ditimbulakn dari kesehatan mulut yang buruk simak 5 Penyakit Yang Timbul Akibat Masalah Kesehatan Mulut berikut ini.

1. Penyakit jantung
Penyakit jantung juga berhubungan dengan kebersihan gigi lho. Jika bakteri yang ada pada mulut terbawa aliran darah hingga ke jantung, maka bakteri tersebut bisa menyebabkan berbagai macam penyakit jantung seperti arteri tersumbat dan stroke.

2. Diabetes
Penyakit yang paling berkaitan dengan kesehatan gigi adalah diabetes. Iritasi yang bermula pada mulut bisa melemahkan kemampuan tubuh untuk mengolah gula darah. Orang yang memiliki diabetes cenderung memiliki masalah karena kurangnya insulin.

3. Kanker
Penelitian terbaru menunjukkan kaitan antara kesehatan mulut dengan beberapa tipe kanker. Kanker yang terkait antara lain kanker yang tumbuh di kepala, leher, esophagus, dan kanker paru-paru.Hal dikarenakan kebiasaan buruk saat menggosok gigi, penyakit periodontal, dan gigi berlubang.

4. Penyakit periodontal
Penyakit periodontal adalah penyakit yang menyerang bagian bawah gigi, yaitu gusi. Kondisi ini biasanya dimulai dengan gingivitis yang menyebabkan gusi bengkak, berdarah, dan berwarna merah. Jika tak segera ditangani, penyakit ini bisa semakin parah dan merusak jaringan gusi serta tulang penyangga gigi.

5. Endokarditis
Endokarditis adalah peradangan yang terjadi pada bagian dalam jantung. Peradangan terjadi karena bakteri yang muncul dalam mulut. Bakteri kemudian terbawa aliran darah melalui penyakit gusi kecil atau gusi yang berdarah.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar