Sabtu, 07 Maret 2015

Mindset

Perjalanan saya mendalami dunia mindtechnology dimulai sejak saya sering brainstorming dengan guru spiritual saya. Ketika saya bertanya kepada Beliau bagaimana caranya agar dapat sukses, Beliau hanya menjawab singkat: "Semua berawal dari mindset kamu"...dan jadilah saya seperti ini :)

Pola pikir, atau sering disebut dengan mindset itu adalah cara kita menyikapi segala sesuatu yang dihasilkan dari kumpulan pemikiran dan kepercayaan. Artinya, semua pengalaman dan informasi yang telah kita kumpulkan secara sadar dan tidak sadar dari kecil itu membentuk pola pikir kita - yang akhirnya juga membentuk pemikiran, tindakan, persepsi dan respon terhadap segala hal. Tergantung dari apa yang kamu pikirkan, rasakan dan lakukan, pola pikir bisa berubah.

Intinya - kalau kita tidak hati-hati, pola pikir/mindset kita itu 'terbentuk' dari lingkungan, dan bukan kita sendiri yang dengan sengaja membentuknya.

Contohnya gini: seorang anak yang tadinya ceria, karena suatu hal (misalnya sedang sakit, atau kurang tidur) jadi rewel. Biasanya, lingkungan kita langsung men-judge bahwa anak memiliki perangai yang jelek, dan banyak hal lagi yang membentuk belief dan value si anak. Akhirnya anak jadi memiliki mindset bahwa dia memang memiliki perangai yang jelek sehingga tingkah laku, persepsi dan responnya sesuai apa yang dia percayai (membentuk belief systemnya)

Kenapa mindset ini penting? Karena pola pikir mempengaruhi pemikiran, pemikiran mempengaruhi emosi, emosi mempengaruhi tindakan, dan tindakan mempengaruhi hasil. Jadi, kalau kita tidak puas dengan hasil yang kita peroleh, yang kita ubah adalah pola pikir kita. Biasanya yang kita ubah tindakannya. Tetapi, apa gunanya melakukan sesuatu kalau kita tidak percaya hal tersebut? Akhirnya hasilnya tidak maksimal.
(Sumber: theunlearn.com/blog/)

"To change your life, you have to change yourself. To change yourself, you have to change your mindset"-Wilson Kanadi

Tidak ada komentar:

Posting Komentar