Kamis, 26 Februari 2015

Citra Diri

¤Pentingnya CITRA DIRI¤

Pernahkah Anda menyadari bahwa pada saat Anda merasa senang, orang lain bersikap sangat baik pada Anda? Perubahan mereka menggelikan, bukan?

Dunia merefleksikan diri kita. Pada saat kita membenci diri sendiri, kita pun membenci orang lain. Pada saat kita merasa bahagia dengan keadaan kita seperti apa adanya, dunia tampak begitu indah.

Citra diri kita adalah cetak biru yang dengan tepat menentukan perilaku kita, orang-orang yang bergaul dengan kita, apa yang akan kita usahakan dan yang akan kita hindari. Setiap pikiran dan tindakan kita bersumber dari cara kita memandang diri sendiri.

Citra diri kita diwarnai oleh pengalaman kita, keberhasilan dan kegagalan kita, dan pendapat kita tentang diri sendiri serta reaksi orang lain terhadap kita. Dengan meyakininya sebagai kenyataan, kita selanjutnya akan hidup dalam lingkup gambaran ini.

Citra diri kita menentukan:
1. Seberapa besar kita menyukai dunia dan menyukai hidup di dalamnya,
2. Seberapa banyak pencapaian kita dalam hidup ini.

"Kita adalah apa yang kita pikirkan". Langkah pertama menuju perbaikan besar adalah mengubah cara kita berpikir dan berbicara tentang diri kita. Orang yang lamban menangkap pelajaran, menjadi cepat melakukannya begitu ia mengubah pemikiran tentang kemampuan dirinya.

Jika citra diri Anda mengatakan Anda seorang yang canggung, maka Anda akan menghabiskan banyak waktu dengan mengkhawatirkan diri Anda menjatuhkan bola dalam genggaman Anda dan Anda sungguh-sungguh menjatuhkannya.

Selama Anda memandang diri Anda seorang yang tidak pernah punya uang, Anda selalu tidak beruang. Jika Anda memandang diri Anda ahli mengatur keuangan, Anda akan makmur.

Artinya, KITA MENENTUKAN citra diri kita sendiri. Kita menentukan nilai diri kita dan menentukan seberapa besar KEBAHAGIAAN yang kita inginkan.

Dikutip dari buku
"Being Happy!"
oleh Andrew Matthews

"You cannot go any higher than your self-image"-John Maxwell

Tidak ada komentar:

Posting Komentar